Rabu, 09 September 2015

Sejarah Kerupuk

Sejarah Kerupuk


Tahukah Kalian Bahwa Makanan Yang Kalian Sering Makan Buat Pendamping Segala Lauk Mempunyai Sejarah,Yah Benar Sebut Sajah Dia Sih Kriuk Kriuk Kriuk Bunyinya Dia Adalah Kerupuk Oke Langsung Sajah 
Menurut hasil penelusuran, tidak ditemukan catatan sejarah manapun di Indonesia yang menyebutkan kerupuk sebagai makanan asli Indonesia. Bahkan kerupuk sendiri dianggap baru mulai populer di Indonesia sejak abad ke-20. Booming-nya kerupuk di Indonesia dimulai ketika tanaman Singkong diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1852 di Kebun Raya Bogor (ada versi lain yang menyebutkan tanaman ini sudah masuk Indonesia dari Brazil sejak abad ke-16 oleh Portugis, dan penanamannya secara komersial sudah sejak 1810). Lantas apa hubungannya kedatangan singkong ke Indonesia dengan kerupuk?

Hubungannya adalah karena bahan baku kerupuk yang utama itu terbuat dari aci atau kanji yang dihasilkan dari Singkong (walaupun tidak semua kerupuk mungkin bahan bakunya adalah kanji).

Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa sejarah dari kerupuk diambil dari kisah nyata tentang keluarga miskin. Konon zaman dulu mereka ini memiliki banyak anak. Sehingga untuk bertahan hidup mereka rela makan nasi dengan lauk sawut (singkong yang diserut/diparut/pasrah). Awal pembuatan sawut, yaitu pertama-tama singkong diparut kemudian diberi air. Setelah itu, parutan singkong yang tercampur air diperas dan diambil sarinya. Lalu diendapkan. Kemudian endapan tersebut dijemur dan jadilah tepung tapioka. Lalu tepung tersebut diolah menjadi krupuk.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar